negosiasi

Published Februari 16, 2017 by chancu

 

 

img-20170215-wa0005

Postingan pertama setelah hampir 5 tahun vakum ngeblog. Kali ini mau menulis tentang kejadian hari ini, saat si kakak tidak mau mandi sampai akhirnya waktu tidur malam tiba. Awalnya karena 1si kakak ga tahan mau pipis dan akhirnya sudah pipis duluan sebelum celananya dibuka,tapi oh well ga papa, semoga setelah ini mau dimandikan karena sekalian dicebokin,tapi yang ada malah minta mandi air dingin, laah…ini sudah jam 21.00 wita , bukan saat yang tepat dong. Dari situlah proses negosiasi yang menarik tiba, sampai akhirnya si kakak kekeuh banget ga mau mandi karena ga pake air dingin,ya sudah ibu tingggal dikamar mandi dengan lampu padam, berharap dia akan berubah pikiran. Sampai akhirnya ayah ikutan membujuk karena sudah cukup larut untuk kakak yang biasanya tidur setelah isya. Ternyata bujukan ayah selama setengah jam tidak membuatnya bergeming walau saat itu dia sudah kedinginan dan malah meminta dimandikan ibu,padahal sebelumnya ga mau sama ibu. Lalu saya coba menanyakannya lagi, dan akhirnya dia mau alhamdulillah, lancar jaya mandi dst sampai dia tidur. Pelajaran yang ingin saya tanamkan adalah proses penyampaian pendapat dimana tidak ada yang memaksakan kehendak, tetapi bermusyawarah mencari kesepakatan bersama, memang proses ini makan waktu lama dan sebenarnya saya kasian karena dia sudah kedinginan dan ditambah nangis bombay. Ga pengen dia sakit makanya prosesnya dipercepat dengan ibu menuruti maunya dia untuk dimandikan,karena sudah terlanjur basah akibat diguyur ibu sebelumnya karena tidak mau dilepas bajunya. Kerasa sekali, time flies, anak kami sudah punya keinginan yang ingin dituruti dan begitu juga kami sebagai orang tua juga punya pemikiran yang berbeda yang ingin dipatuhi juga. Kalau mau cepat sih dari tadi sudah langsung dipaksa buka baju dan langsung aja dimandikan, tapi tidak akan ada dialog disitu dan seperti diktator yang memaksakan kehendak. padahal kami ingin anak kami bisa menyuarakan keinginannya dengan nyaman. Mungkin dari banyak buku parenting yang dibaca dan video yang dilihat tidak akan pernah terimplementasikan jika ga praktek untuk bunda sayang ini. Biasa baca buku sambil manggut manggut dan sambil membayangkan tapi kalo merasakannya sendiri pasti berbeda, dimana biasanya pikiran dipenuhi emosi terlebih dahulu. Ya memang makin besar anak tentu sudah berpikir makin kompleks dan punya pemikiran sendiri,  memang harus murah senyum,  sabar dan peka terhadap perasaan anak,  agar anak juga merasa di-uwongke kalo kata orang jawa. Semoga tulisan tidak hanya sekedar tulisan dan kami ingin bisa merawat titipanmu yang begitu unik ini dengan baik.

My 23th’s Birthday

Published Oktober 9, 2012 by chancu

Senin pagi tanggal 1 oktober 2012 aku bangun dengan perasaan belum enak,karena sejak kemarin adaaa aja kelakuan belahan hati yg bikin sebel dan sedih, akhirnya lebih banyak diam. Tapi melihat si Suami ikutan sedih bikin ga tega sebenarnya, dia sudah terlalu baik buat aku, tapi ya apa daya hati masih ga enak, pada akhirnya tetap lebih banyak diam. Sudah jam 6.45 WITA dan suami yang sudah berseragam lengkap masih saja mencoba menenangkan hati istrinya yang sedang metal( melow total) ini. Aku mulai menyuruhnya bergegas ke kantor karena waktunya sudah mepet, daripada nanti terlambat. Aku meyakinkannya bahwa aku sudah merasa baikan dan dia tidak perlu merayuku lagi untuk tersenyum.  Lalu ada bunyi klakson mobil, ia segera keluar menuju suara tersebut, oh mungkin temannya datang pikirku, ya sudah kalo dia sudah tau itu temannya sehingga aku tidak perlu keluar kamar. Tiba- tiba orang yang sering aku panggil ” Mas” itu masuk sambil membawa kotak berisi kue ulang tahun. Masyallah terharunya aku, jadi ini sebabnya ia dari tadi tidak mau berangkat kerja, padahal tadi alasannya karena aku masih sedih makanya ia tidak mau berangkat dulu, huh dasarrr pikirku, but i’m really happy at that time, i didn’t know where the bad feeling went, seketika bahagia. Akhirnya setelah memberikan kue ia langsung berangkat ke kantor dengan temannya itu (baca: mas Tiyok, yang telah membawakan kue buatan istrinya-mba Lian).

Kue itu aku simpan sampai saat berbuka tiba, lalu pada saat akan mengiris kue itu aku berucap, “Mas, berdoa dulu yuk sebelum kuenya dipotong, sekalian doa’in dek”….lalu Ia membaca do’a sebelum makan,, ” Lohhh…kok do’a akan makan thooo, maksud dek ya berdoa untuk bertambahnya umurku hahaha…” kataku sambil ketawa,. Ngga ngira ni Suami lucu banget, sudah ga sabar banget makan kue nampaknya ^^Image

MASIH BISA SOMBONG?

Published November 2, 2011 by chancu

Asstaghfirullah hal adzim, kadang sombong terhadap diri ini masih terbersit, ga sadar ketika melakukannya. Padahal jelas- jelas semuanya adalah titipan yang sewaktu- waktu bisa diambil olehNya. Aku itu ga punya apa- apa, yang bisa aku lakukan hanya berbuat sebaik mungkin untuk mensyukuri dan merawat apa yang aku punya, orang tua, adik, keluarga, diri ini sendiri, sahabat, teman- teman dan barang- barang serta makhluk di sekitar. Kita tak tahu kapan semua itu akan diambil, aku hanya ingin ketika memang suatu saat salah satu atau semua itu diambil aku bisa ikhlas dan tersenyum. Semoga bisa menjadi yang terbaik..chayo chayo chayoooo!!! XD

it is my color

Published Mei 1, 2011 by chancu

My color personality is: Yellow
Like yellow’s strongest symbol, the sun, you radiate warmth. Others love to be around you because you have a gift for always looking on the bright side, and your ready smile can be infectious. Chances are your calendar is packed — yellow lovers tend to be always on the go!Your signature color indicates someone imaginative and creative, so don’t be afraid to express yourself through the way you dress and the way you decorate your home. Cheerful yellow is the ideal hue for a kitchen, laundry room, or any room that needs some extra brightness.

check ur colorcolor in http://www.bhg.com/bhg/analysis.jsp?quizId=/templatedata/bhg/quiz/data/whatsyourcolorpersonality_10232003.xml&catref=cat4270151&_requestid=60087

Sudah seberapa bersyukurkah kamu

Published Januari 25, 2011 by chancu

Bermacam- macam kisah telah kita lewati, diberi makna satu persatu, berbeda- beda memang, dan hal itu yang membuat hati kita menjadi kaya. Bukan hanya kisah kita sendiri, tapi kisah teman, kisah sahabat, kisah orang- orang terdekat kita. Semua kisah pasti ada hikmah dibaliknya, tergantung bagaimana orang tersebut melihatnya, pesimiskah, berburuk sangkakah, atau berpositif thinking. Itu pilihan kita sebagai manusia, mau baik atau buruk itu tergantung kita menyiasatinya.

Ada yang melihat masalah sebagai sesuatu yang buruk, bahkan suatu kesialan, dan akhirnya dia menuntut kepada Tuhan atas kesialannya itu. Menganggap bahwa Tuhan ga adil lah, Tuhan ga sayang lah, apalah…. Namun, ada juga yang melihat masalah dan berlaku sabar, selalu berbaik sangka kepada Tuhan. Sulit memang, disaat kita menghadapi masalah maka emosi kita yang pertama kali maju diurutan paling depan hati kita. Disitu ada celah dimana bisa dimasuki oleh setan yang membisiki dengan hal- hal buruk yang dibumbui sehingga kita meyakininya bahwa itu benar- benar buruk adanya. Permasalahan itu diciptakan untuk dapat diselesaikan, insyallah ada jalan keluarnya, Tuhan kan memberi kita cobaan agar kita selangkah lebih maju dari kita yang dulu, bukan malah mundur semakin jauh dari Tuhan. Baca selengkapnya →

Aku tinggalkan dirimu, karena Allah

Published Januari 14, 2011 by chancu

Dengan nama Allah…
sebaik-baik Pemberi Ganjaran.

Namamukah yang tertulis di lauful mahfuz sana?
Engkaukah yang bakal menemaniku jalan menuju syurga?
Dirimukah yang akan melengkapkan separuh dari agamaku?

Aduhai.
Adakah kau yang tercipta untukku?
Jawab pertanyaanku ini.
Jawab!

Kau takkan pernah dapat memberi jawaban,
Karena jawabannya bukan di tanganmu,
Tetapi di tangan-Nya.
Di tangan Tuhan kita; Allah,
Tuhanku dan Tuhanmu.

Gelisahku memikirkan dirimu,
Dan ketakutanku memikirkan Robbku,
Aduhai,
Maafkan aku,
Ketakutanku pada Robbku melebihi kegelisahanku memikirkanmu.
Jemput diriku apabila waktunya tiba,

Sebelum sampai saat itu, biarkan aku sendiri bersama si Dia,
Akan kucipta cinta bersama Dia,
Sebelum kucipta cinta antara kita.

Jadilah dirimu kumbang yang hebat,
Dan doakan aku agar menjadi bunga yang mekar,
Untuk itu, Aku tinggalkan dirimu pada-Nya

Sesungguhnya aku bertawakkal kepada Allah Robbku dan Robbmu,
Tidak ada suatu binatang melata melainkan Dia-lah yang memegang ubun-ubunnya,
Sesungguhnya Robbku di atas jalan yang lurus.
Usah bersedih atas perpisahan sementara ini,

Jika benar aku tercipta untukmu,
Tiada apa yang dapat menghalangnya,
Sebelum saat itu tiba,
Berdoalah pada Allah moga diberi kekuatan,
Mohonlah padanya dengan penuh mengharap.
Yakinlah pada janji Allah!

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga).” [Surah An Nur: 26]

Sesungguhnya Allah takkan pernah mensia-siakan pengorbananmu,
Bilamana kita tinggalkan semua ini kerana Allah semata,

Yakinlah!
Akan ada sesuatu yang indah untukmu di pengakhiran nanti.
Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu,
Daripada yang sekarang (permulaan),

“Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu ,
Lalu (hati) kamu menjadi puas.”
[Surah Ad dhuha: 4 & 5]

Beruntunglah kamu!
Tatkala Allah memilihmu untuk menyedari hakikat perhubungan antara lelaki dan wanita
Allah memilihmu!
Jangan pernah sia-siakan kasih sayang Allah ini.

Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya
Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu
Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya
[Surah As Syams: 8-10]

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan:
“Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka,
Maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan:

“Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih;
dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”
[Surah Fussilat: 30]

Dan ketika kamu merasa lemah,
Mohonlah kekuatan dari-Nya,
Allah itu dekat,
Yakin pasti.
Dan jika syaitan mengganggumu dengan suatu gangguan,
Maka mohonlah perlindungan kepada Allah,

“Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” [Surah Fussilat: 36]

Kamu dan aku adalah intan terpilih,
Berdoalah aku kuat dan tabah untuk menjaga kilauanku,
Berdoalah tiada sang kumbang durjana merosakkannya sebelum yang halal tiba,
Aku juga sentiasa mendoakanmu agar dalam peliharanya,
Sentiasa.

sumber: http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150110838999467